Jumat, 01 Februari 2013

sis..sis..sis...ini tesis.

Memikirkan sebuah ide untuk tesis rasanya seperti memberi ruang untuk melamun lama-lama. namun, sebuah ide yang kongkret untuk dikerjakan dan ditulis untuk sebuah tesis rasanya tak juga muncul. saya sudah lama menghabiskan liburan dengan hanya menonton televisi sepanjang waktu, tidur-tiduran, memasak resep yang sederhana, dan semua hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan "berfikir". maka ketika hari sudah menginjak di tanggal pertama bulan februari, kebingungan menyergap saya. teman-teman saya barangkali telah menyiapkan sebuah judul tesis. saya, tidak pernah khawatir dengan pencapaian teman saya. karena mereka sudah pasti pantas mendapatkan hasil keja keras mereka. tapi, saya mengkhawatirkan pencapaian saya. sampai detik ini, saya belum mempunyai sebuah ide untuk dikerjakan. dan parahnya, sampai saat ini, saya alpa membaca.

tentu saja, saya sepakat bahwa sebuah ide untuk tesis, tidak muncul secara tiba-tiba. butuh bacaan yang lebih banyak dan berbobot. butuh diskusi dengan kawan lain. butuh kepekaan dalam menentukan tema nanti. tapi, permasalahannya adalah, saya belum benar-benar mencari. dan saya belum bergerak. sebenarya, hal pertama yang harus saya lakukan adalah. back to jogja! (tapi, jika mengingat kondisi kos yang tidak kondusif, rasa-rasanya saya malas sekali.hehehehehehe)

apa yang harus saya gali dari jawa ini? apa yang harus saya lakukan ketika saya tidak paham bahasa jawa dan tidak bisa bahasa belanda?padahal sebenarnya saya ingin menulis sebuah ide yang kemungkinan sumbernya menggunakan kedua bahasa itu. tapi, apa boleh buat, ketika memang sebuah tema yang saya pilih nanti tidak bombastis, saya hanya akan memanfaatkan kekuatan ekplanasi.

sudahlah. tidak perlu banyak berteori, mulai besok, genderang perang sudah harus dibunyikan.nanananana....tesis...oh..tesis....

1 komentar:

semangat